LOGOV CELEBES

PT. Local Governance (LOGOV) Celebes merupakan lembaga riset privat yang berbasis di Makassar. Berisi sejumlah dosen dan peneliti dari berbagai bidang seperti ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi, sosial ekonomi pertanian, hukum, kelautan dan perikanan, administrasi publik, dan sosial politik, yang telah bekerja sekian lama sebagai sebuah tim. Lembaga ini melayani sejumlah kegiatan akademis seperti riset, konsultan, pelatihan, publikasi, dan sejumlah layanan terkait lainnya.

Profil

Salman Samir merupakan salah satu peneliti di LOGOV Celebes. Pria kelahiran Sidenreng Rappang ini meraih gelar sarjananya pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Jurusan Ilmu Ekonomi pada tahun 2015. Ketertarikannya pada Ilmu ekonomi kembali ia tunjukkan dengan capaian gelar magisternya pada program Magister Sains Ilmu Ekonomi pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Salman mendalami Ilmu ekonominya terkhusus pada ekonomika publik, perdagangan internasional, dan evaluasi dampak. Hal tersebut ia tunjukkan dengan beberapa pengalaman publikasi dan konferensinya di bidang tersebut baik di tingat nasional maupun internasional. Pada kajian ilmiah yang diselenggarakan oleh Program Magister Sains dan Doktor FEB UGM, ia mempresentasikan paper nya yang berjudul “Dampak Kebijakan Antidumping Amerika Serikat terhadap Perekonomian Indonesia” (Agustus 2018). Di tahun yang sama (November 2018), ia kembali mengikuti konferensi di University of Western Australia dengan Judul paper “The Impact of Antidumping Policy of US Biodiesel Import on Indonesia and Argentina Economy, A General Equilibrium Analysis.” Sementara itu, ia juga telah mempublikasikan karya ilmiahnya pada Jurnal HEBR Volume 1 No.2. pada Oktober 2017 dengan judul “Demographic Change and Fiscal Government in Indonesia.” Dua karya ilmiahnya yang lain juga dalam proses review pada jurnal tingkat international.

Selain ketertarikannya di bidang penelitian, Salman juga tercatat memiliki pengalaman berorganisasi. Ia menjabat sebagi Ketua Divisi Keorganisasian dan Pengembangan SDM Forum Komunikasi Mahasiswa Magister Sains FEB UGM periode 2017-2018 dan sebagai Ketua Umum UKM Pecinta Alam FEB Universitas Hasanuddin selama dua periode berturut-turut, yakni 2012-2013 dan 2013-2014.

Selain di LOGOV Celebes, saat ini Salman juga merupakan peneliti di PT Inspect Multi Konsultan sejak tahun 2017. Ia telah memiliki beberapa keterampilan dalam penggunaan aplikasi pengolahan data seperti Stata, E-views, dan Global Trade Analysis Project (GTAP)-GEMPACK. Sejumlah pengalaman dan keterampilan yang dimilikinya tersebut juga ia manfaatkan sebagai asisten trainer pada beberapa kegiatan pelatihan.

NURSINI lahir tanggal 17 Juli 1966 di Desa Passippo Kabupaten Bone. Sejak tahun  1991 menjadi salah satu staf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (UNHAS) dan mulai tahun 2000 menjadi staf fungsional Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan  (P2KP) UNHAS. Gelar Sarjana Ekonomi diselesaikan di UNHAS-Makassar pada tahun 1990, gelar Master of Arts (MA) dalam bidang Ilmu Ekonomi pada School of Economics University of the Philippiness, Diliman Quezon City pada tahun 1994; dan Doktor (S3) dalam bidang ilmu ekonomi di Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun 2006.

Pernah menjabat sebagai Sekretaris pada Konsentrasi  Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah (MPPD) pada Program Studi Administrasi Pembangunan Pasca Sarjana UNHAS periode 2006-2008, kemudian menjadi Ketua konsentrasi MPPD Kelas Non Reguler periode 2009-2012 pada program studi Perencanaan Pembangunan Wilayah (PPW) Pascasarjana Unhas. Pada periode 2011-2015 sebagai Ketua  Pusat Penelitian dan Pengembangan Kependudukan dan Gender (P3KG) UNHAS. Sebagai ketua Program Studi Gender dan Pembangunan Pasca Sarjana UNHAS, 2020 hingga sekarang.

Selain sebagai pengajar S1, S2, dan S3, juga aktif melakukan  kegiatan penelitian baik yang dibiayai secara mandiri, UNHAS/Dikti, pemerintah daerah, Yayasan BaKTI, maupun lembaga internasional seperti Bank Dunia, dan AUSAID. Sejak tahun 1990 hingga sekarang aktif sebagai pelatih/fasilitator pada DIKLAT seperti  Kursus Keuangan Daerah (KKD), Diklat Penjenjangan Jabatan Fungsional Perencana (DFP) pertama, muda, dan madya bekerja sama  dengan Bappenas, Diklat Substantif bekerja dengan Bappenas maupun pemerintah daerah. Aktif juga melakukan kegiatan Advokasi tentang penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran seperti RPJMD, Renstra dan Renja. Beberapa kegiatan lainnya pernah diikuti seperti Training of Trainers (TOT) tentang Penjenjangan Jabatan Fungsional   Perencana di Yogyakarta, Jakarta dan Jepang dan mengikuti Program Academic Recharging (PAR) di Georgia State  University-Atlanta, USA pada September 2009 - Januari 2010 yang dibiayai oleh DIKTI, menjadi Nara Sumber pada kegiatan seminar/workshop yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Beberapa kegiatan penelitian  yang telah dipublikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi maupun internasional yang bereputasi scopus Q1, Q2 dan juga beberapa karya ilmiah lainnya seperti buku ilmiah dan modul. Selain sebagai peneliti, juga diangkat sebagai reviewer nasional oleh Direktorat Riset Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristek DIKTI sejak tahun 2013 hingga sekarang.

LAYANAN

  • Penelitian
  • Konsultan
  • Publikasi
  • Seminar
  • Workshop
  • Pelatihan
  • Kerja Sama

KONTAK KAMI

JL. ANCE DG. NGOYO NO. 8/D
MAKASSAR, SULAWESI SELATAN
INDONESIA
90231

  +62-411-4679343
  +62-852-9999-5447
Surel: office@logovcelebes.id
 
          logovcelebes@gmail.com 

FOLLOW

twitter logo transparent 15 580b57fcd9996e24bc43c521



LOGOV CELEBES

PT. Local Governance (LOGOV) Celebes merupakan lembaga riset privat yang berbasis di Makassar. Berisi sejumlah dosen dan peneliti dari berbagai bidang seperti ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi, sosial ekonomi pertanian, hukum, kelautan dan perikanan, administrasi publik, dan sosial politik, yang telah bekerja sekian lama sebagai sebuah tim. Lembaga ini melayani sejumlah kegiatan akademis seperti riset, konsultan, pelatihan, publikasi, dan sejumlah layanan terkait lainnya.