LOGOV CELEBES

PT. Local Governance (LOGOV) Celebes merupakan lembaga riset privat yang berbasis di Makassar. Berisi sejumlah dosen dan peneliti dari berbagai bidang seperti ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi, sosial ekonomi pertanian, hukum, kelautan dan perikanan, administrasi publik, dan sosial politik, yang telah bekerja sekian lama sebagai sebuah tim. Lembaga ini melayani sejumlah kegiatan akademis seperti riset, konsultan, pelatihan, publikasi, dan sejumlah layanan terkait lainnya.

Pelatihan

Risvan Rizaldi

Risvan Rizaldi

Dalam rangka mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sidrap bekerjasama dengan LOGOV Celebes melakukan Kajian Strategi Pengembangan UMKM di Kabupaten Sidenreng Rappang pada tahun 2021. Kajian ini bertujuan untuk merumuskan pendekatan yang tepat dalam upaya mengembangkan UMKM di Kabupaten Sidrap melalui basis kajian ilmiah/empiris (kebijakan berbasis bukti). Laporan akhir kajian ini telah dipresentasikan oleh Tim Peneliti LOGOV Celebes pada Kamis, 1 April 2021 di Kantor Bappeda Kabupaten Sidrap.

Analisis terhadap kinerja UMKM di Sidrap dengan menggunakan data survei menunjukkan bahwa dari 116 UMKM pada industri pengolahan yang menjadi responden, 26 UMKM menunjukkan kinerja tinggi dan 90 yang menunjukkan kinerja rendah. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di Sidrap, seperti sebagian besar UMKM tidak berbentuk badan hukum serta tidak memiliki izin usaha, masih rendahnya akses UMKM terhadap pembiayaan dari lembaga keuangan (khususnya pada unit usaha skala mikro), dan sebagian besar UMKM belum bertransformasi ke digital baik dalam sistem penjualan maupun pemasaran. Lebih lanjut, seiring dengan pandemi COVID-19, terjadi penurunan aktivitas produksi hingga pendapatan UMKM di seluruh subsektor.

Kajian ini merumuskan sejumlah rekomendasi kebijakan, di antaranya perlunya memberikan perhatian terhadap legalitas UMKM (badan hukum dan izin usaha), meningkatkan fasilitasi akses dan penggunaan bantuan modal dari lembaga keuangan, mengangkat dan mengintegrasikan program-program yang mendorong transformasi unit usaha yang ada dengan mengacu pada sistem berbasis teknologi dan digital, mengintensifkan kegiatan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku UMKM, serta melakukan langkah-langkah mitigasi terhadap dampak COVID-19. [RK]

LOGOV Celebes kembali menyelenggarakan Pelatihan Analisis Data Menggunakan Software SPSS Angkatan II pada 18-19 September 2021. Pelatihan ini diikuti oleh lima peserta dengan latar belakang profesi dosen dan mahasiswa. Terdapat beberapa materi yang disampaikan pada pelatihan, di antaranya terkait 1) pengenalan SPSS; 2) manajemen data; 3) menyusun statistik deskriptif; 4) uji beda, korelasi, dan regresi; dan 5) uji analisis faktor. Materi tersebut disampaikan oleh dua fasilitator, yaitu Syahril, S.E., M.Si. dan M. Afif Sallatu, S.E., M.Sc.

Kegiatan pelatihan analisis data dengan beragam software statistik rutin dilaksanakan oleh LOGOV Celebes sebagai bentuk transfer dan pengembangan keterampilan bagi yang membutuhkan, utamanya dari kalangan mahasiswa, akademisi, dan peneliti.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa kembali menginisiasi pelaksanaan riset penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kabupaten (RIPPARKAB) Gowa di tahun 2021. Kajian ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa bekerjama dengan Lembaga Konsultan Local Governance Celebes (LOGOV) Makassar dengan ketua tim peneliti Prof. Nursini., M.A. 

Mengacu pada dokumen Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang disusun oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Riset Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kabupaten Gowa ini disusun untuk meningkatkan kualitas perencanaan program dan kegiatan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa melalui Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Gowa. Secara spesifik, riset ini memiliki 3 (tiga) tujuan yaitu: (1) menjadi pedoman dan arah kebijakan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Gowa, (2) memberikan gambaran secara komprehensif mengenai potensi kepariwisataan Kabupaten Gowa, dan (3) menjadi acuan bagi pemangku kepentingan kepariwisataan di Kabupaten Gowa agar bersinergi dalam pengembangan kepariwisataan Kabupaten Gowa.

Riset ini merupakan kelanjutan dari riset potensi pariwisata Kabupaten Gowa yang telah yang mengidentifikasi potensi dan permasalahan kepariwisataan Kabupaten Gowa. Secara spesifik, riset sebelumnya telah mengidentifikasi potensi dan permasalahan kepariwisataan Kabupaten Gowa yang diarahkan pada (1) aspek destinasi pariwisata, (2) aspek industri pariwisata, (3) aspek pemasaran pariwisata, dan (4) aspek kelembagaan pariwisata. Untuk menjawab kebutuhan Kerangka Acuan Kerja (KAK) tersebut, riset Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kabupaten Gowa ini akan secara spesifik merumuskan (1) Prinsip dan konsep pembangunan kepariwisataan Kabupaten Gowa, (2) Kebijakan dan strategi pembangunan kepariwisataan Kabupaten Gowa, (3) Rencana pengembangan perwilayahan pariwisata Kabupaten Gowa, (4) Program dan indikasi kegiatan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Gowa. [RR]

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa menginisiasi pelaksanaan kajian penelitian mengenai potensi pariwisata kabupaten Gowa di tahun 2021. Kajian ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa bekerjama dengan Lembaga Konsultan Local Governance Celebes (LOGOV) Makassar dengan ketua tim peneliti Prof. Nursini., M.A. Secara umum, kajian ini disusun untuk meningkatkan kualitas perencanaan program dan kegiatan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa melalui Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Gowa. Secara spesifik, riset ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara komprehensif mengenai potensi dan sekaligus tantangan kepariwisataan Kabupaten Gowa. 

Untuk menjawab kebutuhan Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang telah dibuat oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, diperlukan upaya untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan kepariwisataan Kabupaten Gowa. Secara spesifik, pengidentifikasian potensi dan permasalahan diarahkan pada (1) aspek destinasi pariwisata, (2) aspek industri pariwisata, (3) aspek pemasaran pariwisata, dan (4) aspek kelembagaan pariwisata.

Beberapa temuan secara umum dalam kajian ini antara lain: (1) Kabupaten Gowa mempunyai potensi dalam pengembangannya yang ditunjukkan oleh keunikan karakteristik alam, budaya serta didukung oleh kondisi wilayah dan sosio-demografi penduduknya, namun dalam pengembangannya tetap memperhatikan risiko bencana yang akan terjadi, (2) Dari aspek destinasi, Kabupaten Gowa memiliki potensi daya tarik wisata alam dan sejarah dan budaya yang khas, namun pembangunan destinasi wisata masih terbatas pada isu ketimpangan fasilitas pariwisata dan kinerja antar daya tarik wisata, (3) Dari aspek industri, usaha pariwisata mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam lima tahun terakhir dengan pertumbuhan rata-rata 56 persen per tahun, namun masih terdapat beberapa permasalahan antara lain keterkaitan dan sinergi antar mata rantai usaha pariwisata belum terjalin kuat, (4) Dari aspek pemasaran, jumlah kunjungan wisatawan untuk seluruh objek wisata di Kabupaten Gowa berfluktuasi dan menurun drastic di tahun 2020 sebagai dampak dari Covid-19. Kondisi ini belum berjalan linier dengan potensi daya tarik wisata yang ada, dan (5) Dari aspek kelembagaan, dukungan kelembagaan kepariwisataan yang melibatkan unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah, sektor dunia usaha, masyarakat lokal, SDM pariwisata, serta regulasi terbangun cukup kuat di Kabupaten Gowa.

Setelah berhasil menyelenggarakan pelatihan pengolahan data menggunakan stata pada dua angkatan sebelumnya, kali ini Logov Celebes kembali mengadakan pelatihan pengolahan data statistik menggunakan software Stata angkatan ke-3. Pelatihan kali ini dilaksanakan via daring dengan dihadiri 10 orang peserta dengan berbagai latar belakang aktivitas dan sebagian besar berasal dari luar kota Makassar. Pelatihan ini dilaksanakan pada 7-8 Agustus 2021 yang difasilitasi oleh Randi Kurniawan dan Rahayu Nurhidayah dari Logov Celebes. Pelatihan ini memuat materi pengenalan software Stata, manajemen data, uji korelasi dan perbedaan, uji regresi data, dan uji asumsi klasik. Pelatihan diikuti sebanyak 67 orang mahasiswa dan di akhir pelatihan, peserta diberikan ujian untuk menentukan kelulusan peserta. (RR).  

Halaman 1 dari 5

LAYANAN

  • Penelitian
  • Konsultan
  • Publikasi
  • Seminar
  • Workshop
  • Pelatihan
  • Kerja Sama

KONTAK KAMI

JL. ANCE DG. NGOYO NO. 8/D
MAKASSAR, SULAWESI SELATAN
INDONESIA
90231

  +62-411-4679343
  +62-852-9999-5447
Surel: office@logovcelebes.id
 
          logovcelebes@gmail.com 

FOLLOW

twitter logo transparent 15 580b57fcd9996e24bc43c521



LOGOV CELEBES

PT. Local Governance (LOGOV) Celebes merupakan lembaga riset privat yang berbasis di Makassar. Berisi sejumlah dosen dan peneliti dari berbagai bidang seperti ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi, sosial ekonomi pertanian, hukum, kelautan dan perikanan, administrasi publik, dan sosial politik, yang telah bekerja sekian lama sebagai sebuah tim. Lembaga ini melayani sejumlah kegiatan akademis seperti riset, konsultan, pelatihan, publikasi, dan sejumlah layanan terkait lainnya.